architect wanna be (2)



nah, kali ini gw akan coba buat menepati janji gw yang sebelomnya nih. gw bakal sharing gimana kehidupan jadi mahasiswa arsitektur.

hmmm...kita mulai dari OSPEK. dulu jaman gw masih ada nih OSPEK. tapi klo menurut gw OSPEK nya masih sebatas wajar, kenapa?? karna emang yang dilakukan waktu OSPEK adalah hal-hal yang emang berhubungan dengan kuliah ntar. contohnya. lu disuruh buat beli koran hari itu. dan digarisi pake pulpen tapi g boleh pake penggaris. semua halaman harus di garis. nah ini gunanya buat apa?? ya karna di dunia arsitektur itu kita berhubungan erat sama yang namanya garis. jd dari mulai OSPEK udah di suruh begitu.selain itu, pada hari berikutnya kita disuruh sketsa, freehand. yah hal-hal yang kaya gini sih berguna ya, selain OSPEK sebagai ajang buat kenalan sama temen-temen baru kita juga mulai mengenal sedikit tentang dunia arsitektur. yang pastinya dimulai dari basic nya.

semester 1 dan 2 itu termasuk semester paling membahagiakan. karna kuliah yang di ambil itu masih matakuliah umum dan dasar-dasar arsitektur. contohnya, menggambar arsitektur, pengantar arsitektur, estetika bentuk, dll. menggambar arsitektur itu ya kita belajar nulis. mengulang2 bikin huruf, garis, (gimana caranya biar bisa bikin garis lurus tanpa menggunakan penggaris), simbol-simbol dalam arsitektur, dan banyak yang lain. kalo estetika bentuk ya kita belajar mengolah bentuk. masih sungguh sangat menyenangkan.. jadi buat kalin yang mau ambil jurusan arsitektur nikmatilah hari2 kalian ketika masih semester awal ini. hahaha...

sekarang lanjut nih ke semester lebih tinggi. klo kakak tingkat gw bilang sih "welcome to the hell". hahha.. pada semester ini bakal ada studio perancangan. klo di kampus gw sih bilang nya STUPA (singkatan dari studio perancangan arsitektur). nah ini matakuliah yang paling-paling di arsitektur. KING nya dari semua mata kuliah. dan jumlah SKS nya itu selalu nambah tiap semesternya. dimulai dengan 4 SKS dan yang paling gede itu waktu tugas akhir 10 SKS. dan jumlah semua STUPA adalah 6 STUPA sampe semester 7. disini kalo nilai lu g cukup buat nilai minimum STUPA lu g bisa ngambil mata kuliah STUPA di semester berikut nya. harus ngulang lagi tahun depannya. jadi berhati-hatilah. minimal dapet nilai C (klo gw g salah inget ya). mata kuliah STUPA ini kenapa di bilang KING karena matakuliah lain yang lu pelajari di praktekkan dan di wujudkan di mata kuliah STUPA ini. misalkan klo lu g ngerti mata kuliah struktur nih jd ya bangunan lu bakal asal juga stukturnya. hampir semua matakuliah di arsitektur berkaitan satu sama lain. jadi pandai-pandai lah dalam kuliah. *kaya yang bener aja gw... hahaha...

hal yang paling menyenangkan dan g bakal pernah terlupakan itu adalah selama lu kuliah jadi mahasiswa arsitektur itu lu bakal susah banget buat tidur dibawah jam 12 malam. yang ada lu bakal ngalami beberapa hari g tidur, terutama waktu deadline sudah di depan mata. kopi adalah temen yang paling setia menemani. dan lu bakal kesel banget dengerin temen-temen lu yang jurusan lain ngomong "haduh begadang lagi nih malam ini", tapi yang mereka maksud cuma belajar sampe jam 3 subuh doang... helloooooo....

ketika deadline udah deket hal yang paling sering terjadi adalah lu bakal g sadar lagi skrg hari apa, ato udah g sadar waktu udah berjalan dengan sangat cepat. yang jadi pikiran lu cuma "tinggal sekian jam lagi menuju pengumpulan tugas". gambar harus kelar, kalkir (klo zaman gw sih masih ada ya gambar di kertas kalkir), materi presentasi, dan maket. andaikan waktu bisa di berhentikan ato badan bisa di belah menjadi beberapa buah kayanya akan jadi pilihan yang tepat klo udah deadline gini.
puisng iya,,, stres iya.. komplit dah pokoknya.. tapi setelah lulus hal-hal yang begini yang bakal lu kangenin. hehehe...

hmmmm... kaya nya udah hampir semua nih yang gw ceritain. apalagi ya?
udah cukup kali ya buat menggambarkan gimana hisup sebagai mahasiswa arsitektur. walopun susah, tersiksa dan gak sedikit juga yang sakit karna ngerjain tugas yang bejibun tapi yakin deh sama gw, klo lu emang udah enjoy dengan yang lu kerjain semua bakal indah pada waktunya. bakal seneng banget lu pernah mengalami hal-hal yang äjaib" begitu..

oke deh... see you next time...
salam arsitektur guys... :)

PORTFOLIO CAFE

hello guys...
udah debuan ini blog g pernah di liatin sama yang punya..

kali ini gw mau sharing sedikit nih, hmmm...beda sama postingan sebelumnya nih. kali ini gw cuma bakal sharing beberapa gambar hasil desain gw.

hmmm.. beberapa waktu yang lalu gw dapet kerjaan buat redesain cafe. nah ini nih beberapa desain yang udah gw buat..

1. ini desain pertama..
konsep nya industrial. yah, sekarang lagi zaman banget yang unfinish gitu. jadi gw angkat konsep industrial. dengan ekspose bata putih gitu. dan warna nya monokrom dengan kuning sebagai aksen.









2. ini desain yang kedua.
 gw ambil konsep natural gitu. lebih ke kayu. agar dapet suasana warm and cozy. backdrop dan plafond nya gw pake kayu dengan motif kotak.



















ARCHITECT WANNA BE



Oke, udah lama banget aku udah g nulis di blog ini. Udah g tau lagi kemajuan tentang blog, dan apa aja yang bisa di update dari sebuah blog. Hehehe… mari kita mulai lagi… bismillah..

Kali ini aku akan sharing sedikit tentang kenapa memilih arsitektur.  Sepertinya jaman sekarang sudah mulai banyak yang menginginkan untuk menjadi seorang arsitek. Semakin banyaknya film - film atau sinetron yang menayangkan pemerannya adalah seorang arsitek. Hal ini sebenarnya sedikit banyak memberikan dampak terhadap banyaknya yang ingin menjadi arsitek. Yang mana jaman dulu arsitek itu dipandang sebelah mata, yang dianggap sebagai tukang gambar, atau tukang, atau apalah itu. Dan bahkan ada yang berfikir tanpa seorang arsitek pun bangunan tetap bisa di bangun. (miris)
Oke, dulu banyak adek tingkat waktu SMA bertanya, apakah masuk arsitektur itu harus bisa gambar? Atau harus jago matematikanya? Blablabla… sebenarnya arsitektur itu adalah dunia antara seni dan sains. Di dalam arsitektur kita harus bisa mengemukakan seni dan sekaligus memikirkan sains didalamnya. Dulu dosen aku bilangnya arsitektur itu punya semua ilmu, sedikit ilmu matematikanya, sedikit ekonomi, sedikit hukum, sedikit fisika, sedikit kimia, dll. Sewaktu kuliah kita g akan terlalu mendalami gimana perekonomian dunia, namun kita harus tau perkembangan harga material, kita juga tidak harus tau tentang semua hukum, namun kita harus tau tata hukum bangunan, GSB (garis sempadan bangunan), fisika bangunan, kita juga belajar struktur walaupun tidak sedetail anak-anak sipil, kita juga belajar tanaman,tanaman mana yang cocok unutk daerah kering dan sebagainya, material apa yang cocok digunakan untuk orang yang sakit ''ini", (karena ada orang yang alergi terhadap material tertentu), harus mengetahui prilaku dari pengguna bangunan yang akan kita desain dan banyak yang lain. Kita belajar sedikit tapi dari banyak ilmu.

 Tentang harus bisa gambar, kita sebagai arsitek, gambar adalah media kita untuk berkomunikasi dengan orang lain. Melalui gambar kita mengkomunikasikan maunya klien  kepada kontraktor, dll. Tapi kita juga tidak dituntut untuk bisa menggambar seperti seniman. Gambar kita lebih menunjukkan gambar sains, *nah bingung kan gambar sains itu gimana?* . dari gambar seorang arsitek harus bisa menampilkan skala dari gambar, misalkan tinggi bangunan terhadap orang, pohon atau yang lainnya. Dan dari gambar terlihat material apa. Dan biasanya untuk menambah estetika pada gambar akan ditambah dengan arsiran bayangan dari sudut mana matahari, dll. Jadi bisa di ambil kesimpulan bahwa arsitektur itu adalah jurusan untuk orang-orang yang g membatasi dirinya untuk belajar berbagai macam ilmu. Terkadang orang bilang jurusan  arsitektur adalah adek nya jurusan kedokteran, karna tingkat kesulitannya yang lumayan dan ada yang bilang dokter itu adalah untuk manusia, dan arsitek itu untuk bangunan. (sorry gue anak arsitek bro, jadi yang g setuju no problem :p)

 

 Sebenarnya dengan belajar arsitektur kita juga bisa jalan – jalan ke berbagai tempat. Pada umumnya mahasiswa arsitektur adalah traveling dan juga suka fotografi. Karna kita juga belajar tentang budaya dan gaya arsitektur dari jaman dahulu kala hingga sekarang. Sehingga banyak yang  tanpa sadar klo jalan sama anak arsitek itu sering mendengarkan celoteh yang beda dari yang lain, sebenarnya lagi pergi shopping mau beli baju tapi tiba-tiba mereka nyeletuknya "wah plafond nya bagus", atau  "wah jendela nya bagus", atau "material dindingnya beda", atau "furniture nya keren", blablabla.*yang dilihat bukan bajunya*. dalam hal ini bukan berarti yang jadi mahasiswa arsitektur itu harus kaya, karna jaman sekarang klo kita ingin mengetahui arsitektur eropa g harus datang kesana, kan udah ada internet keleus.. (tapi yang kaya ya bisa aja sih jalan-jalan kesana). Nah untuk bidang fotografinya ya itu, ketika melihat suatu bangunan yang bagus atau unik biasanya akan datang naluri untuk foto bangunan tersebut. Jadi sebagian besar travelingnya ke wisata bersejarah atau wisata bangunan. Bukan wisata shopping..
Kaya nya udah kepanjangan nih buat satu artikel, paling g udah bisa menjelaskan sedikit tentang gimana menariknya dunia arsitektur. kita lanjut lagi di artikel selanjutnya yah.. aku bakal bahas tahapan dari semester satu hingga TA saat menjalani hidup menjadi mahasiswa arsitektur. Jangan sedih, semua itu g akan seindah yang udah dijelaskan diatas.. *hahaha ketawa setan*:p
See ya….

hidup yang lebih baik adalah yang kita inginkan

hm..mungkin dalam hidup kita itu g pernah tau apa yang akan terjadi kedepannya. ya tentu saja,,klo udah tau mah g bakal ada usaha pada diri kita..hehehe...
aku mau sharing sedikit nih gimana caranya biar terhindar dari hal - hal yang tidak kita inginkan.


1. yang pertama itu kita harus nge-rancang dan merencanakan apa yang kita inginkan dimasa yang akan datang.
hal ini pasti udah pada tau kan, untuk mendapatkan masa depan yang baik itu kita g bisa hanya berdiam diri, tidur2an ato cuma malas - malasan. nah jadi kita harus merencanakan, jika kita punya cita - cita jadi arsitek, kita harus siapkan kopi sebanyak - banyaknya,,hahaha,,,#bukan ding..klo kita mau jadi arsitek,, ya kita harus siapkan mental untuk begadang, 24 jam di depan laptop, selain itu kita juga harus mempersiapkan ilmu yang dibutuhkan kelak saat menjadi arsitek,,kita bisa baca - baca buku, atau searching di internet.


2. komitmen dan kesabaran
setelah kita merencanakan, kita harus komitmen dengan diri kita, jangan sampe baru  kebentur  masalah sedikit kita udah putus asa, apalagi jadi arsitek,,#lagi - lagi contohnya arsitek (maklum ane mahasiswa arsitektur,,hoho). klo di dunia arsitek itu kita bakal sering menemui hal - hal yang bener2 menguras air mata, keringat serta ketabahan yang super duper besar. tapi jadikan semua itu sebagai cambuk untuk membuat kita bisa lebih baik lagi. perumpamaannya kayak kayu, setelah di potong sana sini, di bolongin, di amplas, akhirnya muncullah patung yang cantik,,so nikmati aja proses itu..:)


3. positif thingking

nah ini nih yang g kalah penting. dalam setiap pikiran manusia aku rasa pasti maunya ngelakuin hal yang terbaik, tapi tidak semua yang kita anggap baik itu baik dimata orang. terkadang cara kita menunjukkannya yang kurang sesuai dengan orang lain. terkadang jalan pikiran kita yang menurut kita udah bener - bener baik tapi karna manusia itu punya beragam - ragam budaya, dan pendangan dalam hidup hal itu bisa jadi salah menurut mereka. jadi jangan terlalu memaksakan diri, buka juga mata kita untuk melihat kehidupan itu dari sisi yang berbeda - beda. terkadang dengan memiliki banyak sudut pandang kita jadi lebih mengerti akan artinya kehidupan.


4. belajar dari kesalahan 
manusia g ada yang perfect, pasti ada salah, jadi itulah kita harus sering - sering introspeksi diri. agar kita g jatoh di lobang yang sama. salah satu keuntungan dari masa lalu adalah kita bisa menjadi pribadi yang baik dengan cara kita bisa menyikapi setiap masalah yang pernah kita alami untuk menjadi guru kita di masa yang akan datang. contohnya ja nih, misalkan dulu kita pernah pacaran dengan cowok dan ternyata dia itu selingkuh, nah jadi klo g mau terjadi hal yang sama maka carilah pacar selain cowok,,#lho??g bener ini,,hahahaha...kidding guys..:p

5. yang terakhir nih..


jangan lupa untuk tetap bersyukur atas hidup yang telah diberikan kepada kita.. semua tak ada yang sia - sia, pasti selalu ada hikmah dan pelajaran buat kita. jadi jangan pernah menjadi diri yang sombong, yang tak pernah berfikir hal ini terjadi karena diri sendiri, tapi semua yang pernah kita capai, semua yang pernah kita raih pasti selalu ada bantuan dari- Nya dan orang2 yang berada disekitar kita..so, tetaplah menjadi rendah hati dan suka berbagi..pasti hidup akan terasa lebih indah..

oke deh,,tinggal kita mengamalkannya.. klo ada tambahan atau kritikan silahkan komen,,semoga bermaanfaat,,:)

sifat2 orang sukses

Pengalaman adalah guru yang baik,tapi kita tidak harus merasakan gagal dulu untuk merasakan apa itu keberhasilan. Sudah banyak orang2 yang sukses dan gagal sebelum kita, belajarlah dari pengalaman mereka yang gagal untuk tidak melakukan hal yang sama dan pelajari sifat2 orang yang sukses agar kita juga bisa seperti mereka.
If u wanna be success, check it out!!!
Tak peduli apa pun yang menjadi profesi kerja Anda sekarang, apakah karyawan rendahan atau bos sekalipun, Anda bisa meraih sukses dengan mengembangkan 50 kebiasaan sukses ini. Namun, ingat juga bahwa ukuran kesuksesan bukanlah uang, melainkan mental puas itu sendiri.
1.Carilah dan temukan kesempatan di mana orang lain saat orang lain gagal menemukannya.
2.Orang sukses melihat masalah sebagai bahan pembelajaran an bukannya kesulitan belaka.
3.Fokus pada solusi, bukan berkubang pada masalah yang ada.
4.Menciptakan jalan suksesnya sendiri dengan pemikiran dan inovasi yang ada.
5.Orang sukses bisa merasa takut, namun mereka kemudian mengendalikan dan mengatasinya.
6.Mereka mengajukan pertanyaan yang tepat, sehingga menegaskan kualitas pikiran dan emosional yang positif.
7.Mereka jarang mengeluh.
8.Mereka tidak menyalahkan orang lain, namun mengambil tanggung jawab atas tindakan mereka.
9.Mereka selalu menemukan cara untuk mengembangkan potensi mereka dan menggunakannya dengan efektif.
10.Mereka sibuk, produktif, dan proaktif, bukan luntang-lantung.
11.Mereka mau menyesuaikan diri dengan sifat dan pemikiran orang lain.
12.Mereka memiliki ambisi atau semangat.
13.Tahu benar apa yang diinginkan.
14.Mereka inovatif dan bukan plagiat.
15.Mereka tidak menunda-nunda apa yang ada.
16.Mereka memiliki prinsip bahwa hidup adalah proses belajar yang tiada henti.
17.Mereka tidak menganggap diri sempurna sehingga sudi belajar dari orang lain.
18.Mereka melakukan apa yang seharusnya, bukan apa yang mereka mau lakukan.
19.Mereka mau mengambil resiko, tapi bukan nekat.
20.Mereka menghadapi dan menyelesaikan masalah dengan segera.
21.Mereka tidak menunggu datangnya keberuntungan, atau kesempatan. Merekalah yang menciptakannya.
22.Mereka bertindak bahkan sebelum disuruh/ diminta.
23.Mereka mampu mengendalikan emosi dan bersikap profesional.
24.Mereka adalah komunikator yang handal.
25.Mereka mempunyai rencana dan berusaha membuatnya menjadi kenyataan.
26.Mereka menjadi luar biasa karena mereka memilih untuk itu.
27.Mereka berhasil melalui masa-masa berat yang biasanya membuat orang lain menyerah.
28.Mereka tahu apa yang penting bagi mereka dan melakukan yang terbaik yang mereka bisa.
29.Mereka memiliki keseimbangan. Mereka tahu bahwa uang hanya alat, bukan segalanya.
30.Mereka paham betul pentingnya disiplin dan pengendalian diri.
31.Mereka merasa aman karena mereka tahu mereka berharga.
32.Mereka juga murah hati dan baik hati.
33.Mereka mau mengakui kesalahan dan tidak segan untuk minta maaf.
34.Mereka mau beradaptasi dengan perubahan.
35.Mereka menjaga kesehatan dan performa tubuh.
36.Mereka rajin.
37.Ulet
38.Mereka terbuka dan mau menerima masukan dari orang lain.
39.Mereka tetap bahagia saat menghadapi pasang surut kehidupan.
40.Mereka tidak bergaul dengan orang-orang yang salah/ merusak.
41.Mereka tidak membuang waktu dan energi emosional untuk sesuatu yang di luar kendali mereka.
42.Mereka nyaman bekerja di tempat yang ada.
43.Mereka memasang standar yang tinggi bagi diri sendiri.
44.Mereka tidak mempertanyakan mengapa mereka gagal namun memetik pelajaran dari itu semua.
45.Mereka tahu bagaimana harus rileks, menikmati apa yang ada, dan mampu bersenang-senang dalam kecerobohan sekalipun.
46.Karir mereka bukanlah siapa mereka, itu hanyalah pekerjaan.
47.Mereka lebih tertarik pada apa yang efektif ketimbang pada apa yang mudah.
48.Mereka menyelesaikan apa yang telah mereka mulai.
49.Mereka menyadari bahwa mereka bukan hanya makhluk hidup belaka, namun juga makhluk rohani.
50.Mereka melakukan pada yang mereka katakan.
ingat, sukses bukanlah milik orang yang tidak pernah gagal, melainkan milik orang yang tidak pernah menyerah!!

tips mencari pekerjaan tanpa pengalaman bagi fresh graduate






Bukan perkara mudah bagi para fresh graduate untuk mencari pekerjaan. Kurangnya pengalaman seringkali membuat peluang mereka untuk diterima bekerja, terutama di perusahaan besar, menjadi tipis. Namun, Anda yang baru lulus dari kuliah dan sedang mencari pekerjaan pertama, tak perlu gundah. Menurut Brandon Labman, pendiri Responsible Outgoing College Students (ROCS), agen layanan pencari kerja untuk kelas entry-level di Northern Virginia, energi dan antusiasme para lulusan baru bisa saja mengalahkan faktor pengalaman.


“Kami merekrut karyawan berdasarkan potensi mereka. Tunjukkan bahwa Anda bergairah dan menginginkan posisi yang Anda incar. Anda tidak perlu mengatakan bahwa Anda sudah berpengalaman 10 tahun, dan punya kemampuan yang hebat. Tunjukkan saja bahwa dalam 10 tahun ke depan Anda akan hebat dalam melakukan pekerjaan tersebut,” katanya.
Oleh karena itu, Labman tidak segan membocorkan rahasia untuk memenangkan pekerjaan pertama bagi para lulusan baru.


1. Ajukan pertanyaan


Siapkan beberapa pertanyaan yang akan diajukan kepada sang pewawancara nanti. Orang yang tidak mempunyai pertanyaan pada akhir wawancara menunjukkan kurangnya antusias terhadap pekerjaan atau perusahaan yang dilamarnya.


2 . Lakukan riset lebih dahulu


Riset dahulu jenis pekerjaan yang Anda inginkan, atau perusahaan mana yang menyediakan jabatan atau posisi yang cocok dengan kita. Setelah kita mendapatkan perusahaan yang kita inginkan, jangan lupa untuk mencari data tentang perusahaan tersebut. Informasi mengenai seluk-beluk perusahaan tersebut berguna agar Anda dapat melontarkan pertanyaan lebih jauh saat sesi wawancara. Banyak informasi yang Anda kumpulkan akan membuat Anda semakin yakin bahwa pekerjaan itulah yang cocok untuk Anda, atau justru sebaliknya.


3. Jangan takut menggunakan cara biasa


Apabila kita sering menggunakan internet, Anda dapat melihat bahwa tidak sedikit para pencari pekerja membuka lowongan pekerjaan. Apabila kita telah mengirimkan CV, jangan takut atau merasa sia-sia apabila kita masih menggunakan cara sederhana untuk menyampaikan ucapan terima kasih kita, baik dengan surat, telepon, atau faksimili. Cara ini dapat menunjukkan bahwa Anda sangat berminat untuk bekerja di perusahaan tersebut.


4. Tunjukkan semangat Anda


Tidak peduli berapa banyak perusahaan yang telah Anda datangi, jaga sikap Anda agar selalu semangat dan antusias terhadap masing-masing perusahaan tersebut. Jangan mentang-mentang perusahaan yang merespons berkas lamaran Anda hanya sebuah perusahaan kecil, lantas Anda menunjukkan tampang bosan atau kurang berminat.


5. Jangan terlalu berlebihan


Bersikaplah ambisius terhadap niat Anda untuk melamar pekerjaan, namun jangan terlalu berharap berlebihan bahwa Anda dengan mudah akan mendapatkan pekerjaan itu. Selain itu, tetaplah menjaga mental Anda apabila Anda ternyata tidak diterima. Setelah itu, segera siapkan diri Anda untuk melamar di tempat lain.

jilbab bikin kamu terlihat lebih cantik??kenapa g??



Bingung memilih jilbab untuk dikenakan sehari-hari? Mana ya yang sesuai dengan Anda, dan yang nyaman digunakan.Trik khususnya hanya satu, sesuaikan dengan bentuk wajah Anda.

Wajah Bulat
Memang sebal memiliki wajah bulat, karena jika salah pilih jilbab jadinya wajah Anda akan terlihat kembung dan gemuk. Untuk Anda yang memiliki wajah bulat, siasati jilbab dengan undercaps yang mudah ditemukan di pasaran. Ekor kuda rambut Anda jika panjang, kemudian gunakan undercaps, jangan dicepol atau dikonde karena akan memberikan kesan kepala Anda bulat. Ikat jilbab, kemudian di bagian pipi bisa ditarik sampai separuh bagian pipi tertutup. Pastikan juga Anda kerasa nyaman dan tidak sesak ya. Berikutnya Anda bisa memasukkan sisa jilbab atau menghiasnya dengan bros.


Wajah Lonjong atau Panjang
Untuk Anda yang berwajah lonjong atau panjang, Turkish style adalah yang paling pas dikenakan, karena akan memberikan kesan penuh dan lebih padat bagi wajah yang panjang. Anda boleh menggelung rambut Anda agar bentuk kepala Anda lebih bagus dan seimbang dengan wajah.


Wajah Persegi
Untuk Anda yang berwajah persegi sebaiknya gunakan jilbab rounded shape yang akan membingkai wajah menjadi lebih lembut dan menghilangkan garis-garis tajamnya. Hindari menggunakan warna-warna keras dan menyolok. Gunakan warna soft atau layer sehingga wajah terlihat lebih full.


Wajah Oval
Bagi Anda yang berwajah oval, Anda bebas menggunakan berbagai macam style jilbab. Tinggal Anda padukan saja mana yang pas dengan warna kulit dan baju Anda. Sekejap Anda akan menjadi lebih anggun dan manis.


TIPS UMUM:

Sebaiknya pilih jilbab yang berbahan katun asli sehingga nyaman dan tidak panas saat dikenakan. Terlebih jilbab berbahan katun akan membantu kulit kepala dan rambut agar tetap bernafas lega. dan jangan lupa,menutupi dada dan tidak ada punuknya ya..
:)