balada mahasiswa arsitektur





halloooo guys,,,

jaman sekarang sebenernya udah ga jaman lagi sih nulis blog begini, sekarang udah pada bikin vlog, tapi berhubung gw orangnya ga pedean jadi gw lanjut aja nulis... iseng-iseng dikala bosen kerja.. hehehe..

kali ini gw mau nostalgia sewaktu gw masih jadi mahasiswa dulu nih..
 Welcome to the arch-life.
ada beberapa momen yang bikin gw pengen banget kuliah lagi.

awweee........shooooo true
lu bakal banyak menemukan di blog-blog orang klo mahasiswa arsitektur itu udah kaya kalong, suram dan ga bergairah.. hahaha... ini semua disebabkan oleh tugasnya yang naúdzubillah banyak-banyaknya. temen-temen gw yang jurusan lain pada suka nanyain "itu tugas udah dikerjain tiap hari ga kelar-kelar juga". okay disini gw bakal jabarin, di postingan sebelumnya juga gw udah menyinggung sedikit kalo di semester tinggi itu udah masuk semester "neraka", sesungguhnya di mata kuliah STUPA itu cuma ada 2 tugas, kedengerannya sih sedikit ya, sedikit banget malah, iya memang, tapi itu yang paling rumit dari semua mata kuliah. tugas pertama itu adalah tugas kecil, biasanya cuma butuh 1 bulan doang (seinget gw gitu ya, cuma tugas pengantar buat tugas besar), nah tugas kedua itu adalah mencakup semua mata kuliah selama satu semester. di mulai dari mencari data, survey lapangan, analisa, menentukan konsep, gambar (gambar ini mulai dari denah, tampak potongan. sampe dulu ada lagu architect anthem, sering menemani klo udah deket deadline, dan liriknya pas banget.. hehehe.. lanjut lagi, ada gambar kerja, DED, habis itu kita gambar di kalkir), klo udah waktunya ujian semester di STUPA itu selalu sidang dan presentasi. nah ini nih kelebihannya mahasiswa arsitektur (gw ga tau sih di jurusan lain) kita selalu sidang disetiap STUPA jadi sidang ga cuma waktu skripsi dan TA doang. jadi bisa di tarik kesimpulan kan kenapa mahasiswa arsitektur itu selalu ada tugas, ini gw baru bahas satu mata kuliah, belom mata kuliah lain yang ga kalah penting. that's why we always look dark and gloom.. hahaha...



kejadian-kejadian kocak yang paling sering terjadi yaitu di penghujung semester, ketika semua tugas sudah mendekati deadline, jadwal ujian sudah mulai berdatangan, banyak mahasiswa yang memilih buat mengerjakan tugas bareng-bareng selain ada temen buat ngerjain juga sebagai alarm. alarm disini maksudnya adalah ketika begadang bareng-bareng gantian tidur, jad setiap 10menit ada yang bangunin buat gantian tidur.. ahahaha.. apalagi waktu buat maket, kos-kosan (maklum dulu gw anak kos) bakal ga tau lagi ujung pangkalnya, udah ngalah-ngalahin kapal titanic.. karton, rumput-rumputan, akrilik, lem, cutter, styrofoam, dan teman-temannya bertebaran dimana-mana. dan posisi tidurpun udah ga jelas lagi.
selain itu juga kita bakal sering melakukan kesalah-kesalah kecil, contohnya, sikat gigi pake sabun muka, ato  shampo berubah fungsi jadi sabun, dan tidurpun masih memikikan design.. hahahaha...

dan yang paling berkesan buat gw sewaktu kuliah itu, waktu semester 5, kita tugasnya satu kelas, buat maket palembang tahun 2025,hahaha.. (kita aja ga tau masih hidup apa ga tahun 2025).. jadi kita satu kelas nginap di kampus buat ngerjain maket yang ukurannya 3x 6 meter (klo g salah, gw ga inget ukurannya berapa), hampir memenuhi studio. dan keesokannya kuliah pagi, alhasil kita semua ga ada yang pulang dan kuliah pake piyama.. hahaha... kejadian paling bekesan dalam hidup gw.
No automatic alt text available.

ini nih maketnya, ini tugas CBD palembang 2025.. gede kaaannnnn???? hehehehe.. maket ini pernah kita masukin di kontes di kampus waktu itu, di masukin di pameran kampus juga.. hehehe..

walopun hidup sebagai maahasiswa arsitektur itu sulit tapi setelah berlalu itu semua akan menjadi kenangan indah yang lucu untuk dingat dan motivasi untuk jadi lebih baik dikemudian hari nya.. motivasi buat kuliah lagi... :) chayooo...

0 komentar:

Posting Komentar