ARCHITECT WANNA BE



Oke, udah lama banget aku udah g nulis di blog ini. Udah g tau lagi kemajuan tentang blog, dan apa aja yang bisa di update dari sebuah blog. Hehehe… mari kita mulai lagi… bismillah..

Kali ini aku akan sharing sedikit tentang kenapa memilih arsitektur.  Sepertinya jaman sekarang sudah mulai banyak yang menginginkan untuk menjadi seorang arsitek. Semakin banyaknya film - film atau sinetron yang menayangkan pemerannya adalah seorang arsitek. Hal ini sebenarnya sedikit banyak memberikan dampak terhadap banyaknya yang ingin menjadi arsitek. Yang mana jaman dulu arsitek itu dipandang sebelah mata, yang dianggap sebagai tukang gambar, atau tukang, atau apalah itu. Dan bahkan ada yang berfikir tanpa seorang arsitek pun bangunan tetap bisa di bangun. (miris)
Oke, dulu banyak adek tingkat waktu SMA bertanya, apakah masuk arsitektur itu harus bisa gambar? Atau harus jago matematikanya? Blablabla… sebenarnya arsitektur itu adalah dunia antara seni dan sains. Di dalam arsitektur kita harus bisa mengemukakan seni dan sekaligus memikirkan sains didalamnya. Dulu dosen aku bilangnya arsitektur itu punya semua ilmu, sedikit ilmu matematikanya, sedikit ekonomi, sedikit hukum, sedikit fisika, sedikit kimia, dll. Sewaktu kuliah kita g akan terlalu mendalami gimana perekonomian dunia, namun kita harus tau perkembangan harga material, kita juga tidak harus tau tentang semua hukum, namun kita harus tau tata hukum bangunan, GSB (garis sempadan bangunan), fisika bangunan, kita juga belajar struktur walaupun tidak sedetail anak-anak sipil, kita juga belajar tanaman,tanaman mana yang cocok unutk daerah kering dan sebagainya, material apa yang cocok digunakan untuk orang yang sakit ''ini", (karena ada orang yang alergi terhadap material tertentu), harus mengetahui prilaku dari pengguna bangunan yang akan kita desain dan banyak yang lain. Kita belajar sedikit tapi dari banyak ilmu.

 Tentang harus bisa gambar, kita sebagai arsitek, gambar adalah media kita untuk berkomunikasi dengan orang lain. Melalui gambar kita mengkomunikasikan maunya klien  kepada kontraktor, dll. Tapi kita juga tidak dituntut untuk bisa menggambar seperti seniman. Gambar kita lebih menunjukkan gambar sains, *nah bingung kan gambar sains itu gimana?* . dari gambar seorang arsitek harus bisa menampilkan skala dari gambar, misalkan tinggi bangunan terhadap orang, pohon atau yang lainnya. Dan dari gambar terlihat material apa. Dan biasanya untuk menambah estetika pada gambar akan ditambah dengan arsiran bayangan dari sudut mana matahari, dll. Jadi bisa di ambil kesimpulan bahwa arsitektur itu adalah jurusan untuk orang-orang yang g membatasi dirinya untuk belajar berbagai macam ilmu. Terkadang orang bilang jurusan  arsitektur adalah adek nya jurusan kedokteran, karna tingkat kesulitannya yang lumayan dan ada yang bilang dokter itu adalah untuk manusia, dan arsitek itu untuk bangunan. (sorry gue anak arsitek bro, jadi yang g setuju no problem :p)

 

 Sebenarnya dengan belajar arsitektur kita juga bisa jalan – jalan ke berbagai tempat. Pada umumnya mahasiswa arsitektur adalah traveling dan juga suka fotografi. Karna kita juga belajar tentang budaya dan gaya arsitektur dari jaman dahulu kala hingga sekarang. Sehingga banyak yang  tanpa sadar klo jalan sama anak arsitek itu sering mendengarkan celoteh yang beda dari yang lain, sebenarnya lagi pergi shopping mau beli baju tapi tiba-tiba mereka nyeletuknya "wah plafond nya bagus", atau  "wah jendela nya bagus", atau "material dindingnya beda", atau "furniture nya keren", blablabla.*yang dilihat bukan bajunya*. dalam hal ini bukan berarti yang jadi mahasiswa arsitektur itu harus kaya, karna jaman sekarang klo kita ingin mengetahui arsitektur eropa g harus datang kesana, kan udah ada internet keleus.. (tapi yang kaya ya bisa aja sih jalan-jalan kesana). Nah untuk bidang fotografinya ya itu, ketika melihat suatu bangunan yang bagus atau unik biasanya akan datang naluri untuk foto bangunan tersebut. Jadi sebagian besar travelingnya ke wisata bersejarah atau wisata bangunan. Bukan wisata shopping..
Kaya nya udah kepanjangan nih buat satu artikel, paling g udah bisa menjelaskan sedikit tentang gimana menariknya dunia arsitektur. kita lanjut lagi di artikel selanjutnya yah.. aku bakal bahas tahapan dari semester satu hingga TA saat menjalani hidup menjadi mahasiswa arsitektur. Jangan sedih, semua itu g akan seindah yang udah dijelaskan diatas.. *hahaha ketawa setan*:p
See ya….

1 komentar: