sekilas tentang juxtaposition

buat teman - teman yang dari jurusan arsitektur, mungkin akan menemui kata juxtaposition. Nah, saya disini akan berusaha membantu teman - teman yang mungkin masih bingung ataupun mau mengetahui 'apa sih juxtaposition itu??'


oke,,kita mulai saja dari definisinya ya..
secara etimologi, žJuxaposition (penjajaran) adalah penempatan dua hal.


secara lengkapnya, žJuxtaposition merupakan:
Perubahan yang bersifat evolutif maupun revolutif, dari masyarakat dan berbagai bidang lainnya, dalam mengalami ruang dan waktu publik untuk mecari solusi menuju rekonsiliasi. 

nah, biar g pusing, saya akan menyimpulkannya,,
juxtaposition itu adalah penempatan dua hal (bangunan) secara berdampingan yang mana arsitekturnya itu sangat kontras, seperti bangunan kuno(zaman romawi,yunani,dll) di sandingkan dengan bangunan pada zaman modern(highrise, postmodern,modern,dll).

beberapa contoh kasus juuxtaposition yaitu:
  1. kasus dalam bangunan
  • (Museum Louvre)

  žMuseum Louvre atau hanya Louvre - adalah salah satu museum terbesar di dunia, museum seni yang paling banyak  dikunjungi di dunia dan monumen bersejarahSebuah landmark pusat Paris, terletak di Bank Hak Seine di arrondissement 1. Hampir 35.000 benda dari zaman prasejarah sampai abad ke-19 dipamerkan di atas lahan seluas 60.600 meter persegi (652.300 kaki persegi).

žMuseum ini bertempat di Istana Louvre (Palais du Louvre) yang dimulai sebagai sebuah benteng yang dibangun pada abad ke-12 di bawah Philip II.

karena bertambahnya usia, dan pengunjung sudah mulai berkurang, dan konstruksi bangunan sudah menua, maka diadakanlah sanyembara untuk mendesain pintu masuk ke museum ini.
maka terpilihlah desain arsitek cina yang bernama i. m. pei, yang 
berhasilmembuat gubahan-gubahan arsitektur super modern dan membuat konsepsatu jurus antara arsitektur klasik dengan arsitektur super modern’



nah, dari gambar diatas dapat dilihat, kontrasnya arsitektur pada bangunan ini.

contoh selanjutnya maaf dulu ya belum bisa di post,karena ada beberapa kesibukan..




0 komentar:

Posting Komentar