architect wanna be (2)



nah, kali ini gw akan coba buat menepati janji gw yang sebelomnya nih. gw bakal sharing gimana kehidupan jadi mahasiswa arsitektur.

hmmm...kita mulai dari OSPEK. dulu jaman gw masih ada nih OSPEK. tapi klo menurut gw OSPEK nya masih sebatas wajar, kenapa?? karna emang yang dilakukan waktu OSPEK adalah hal-hal yang emang berhubungan dengan kuliah ntar. contohnya. lu disuruh buat beli koran hari itu. dan digarisi pake pulpen tapi g boleh pake penggaris. semua halaman harus di garis. nah ini gunanya buat apa?? ya karna di dunia arsitektur itu kita berhubungan erat sama yang namanya garis. jd dari mulai OSPEK udah di suruh begitu.selain itu, pada hari berikutnya kita disuruh sketsa, freehand. yah hal-hal yang kaya gini sih berguna ya, selain OSPEK sebagai ajang buat kenalan sama temen-temen baru kita juga mulai mengenal sedikit tentang dunia arsitektur. yang pastinya dimulai dari basic nya.

semester 1 dan 2 itu termasuk semester paling membahagiakan. karna kuliah yang di ambil itu masih matakuliah umum dan dasar-dasar arsitektur. contohnya, menggambar arsitektur, pengantar arsitektur, estetika bentuk, dll. menggambar arsitektur itu ya kita belajar nulis. mengulang2 bikin huruf, garis, (gimana caranya biar bisa bikin garis lurus tanpa menggunakan penggaris), simbol-simbol dalam arsitektur, dan banyak yang lain. kalo estetika bentuk ya kita belajar mengolah bentuk. masih sungguh sangat menyenangkan.. jadi buat kalin yang mau ambil jurusan arsitektur nikmatilah hari2 kalian ketika masih semester awal ini. hahaha...

sekarang lanjut nih ke semester lebih tinggi. klo kakak tingkat gw bilang sih "welcome to the hell". hahha.. pada semester ini bakal ada studio perancangan. klo di kampus gw sih bilang nya STUPA (singkatan dari studio perancangan arsitektur). nah ini matakuliah yang paling-paling di arsitektur. KING nya dari semua mata kuliah. dan jumlah SKS nya itu selalu nambah tiap semesternya. dimulai dengan 4 SKS dan yang paling gede itu waktu tugas akhir 10 SKS. dan jumlah semua STUPA adalah 6 STUPA sampe semester 7. disini kalo nilai lu g cukup buat nilai minimum STUPA lu g bisa ngambil mata kuliah STUPA di semester berikut nya. harus ngulang lagi tahun depannya. jadi berhati-hatilah. minimal dapet nilai C (klo gw g salah inget ya). mata kuliah STUPA ini kenapa di bilang KING karena matakuliah lain yang lu pelajari di praktekkan dan di wujudkan di mata kuliah STUPA ini. misalkan klo lu g ngerti mata kuliah struktur nih jd ya bangunan lu bakal asal juga stukturnya. hampir semua matakuliah di arsitektur berkaitan satu sama lain. jadi pandai-pandai lah dalam kuliah. *kaya yang bener aja gw... hahaha...

hal yang paling menyenangkan dan g bakal pernah terlupakan itu adalah selama lu kuliah jadi mahasiswa arsitektur itu lu bakal susah banget buat tidur dibawah jam 12 malam. yang ada lu bakal ngalami beberapa hari g tidur, terutama waktu deadline sudah di depan mata. kopi adalah temen yang paling setia menemani. dan lu bakal kesel banget dengerin temen-temen lu yang jurusan lain ngomong "haduh begadang lagi nih malam ini", tapi yang mereka maksud cuma belajar sampe jam 3 subuh doang... helloooooo....

ketika deadline udah deket hal yang paling sering terjadi adalah lu bakal g sadar lagi skrg hari apa, ato udah g sadar waktu udah berjalan dengan sangat cepat. yang jadi pikiran lu cuma "tinggal sekian jam lagi menuju pengumpulan tugas". gambar harus kelar, kalkir (klo zaman gw sih masih ada ya gambar di kertas kalkir), materi presentasi, dan maket. andaikan waktu bisa di berhentikan ato badan bisa di belah menjadi beberapa buah kayanya akan jadi pilihan yang tepat klo udah deadline gini.
puisng iya,,, stres iya.. komplit dah pokoknya.. tapi setelah lulus hal-hal yang begini yang bakal lu kangenin. hehehe...

hmmmm... kaya nya udah hampir semua nih yang gw ceritain. apalagi ya?
udah cukup kali ya buat menggambarkan gimana hisup sebagai mahasiswa arsitektur. walopun susah, tersiksa dan gak sedikit juga yang sakit karna ngerjain tugas yang bejibun tapi yakin deh sama gw, klo lu emang udah enjoy dengan yang lu kerjain semua bakal indah pada waktunya. bakal seneng banget lu pernah mengalami hal-hal yang äjaib" begitu..

oke deh... see you next time...
salam arsitektur guys... :)

0 komentar:

Posting Komentar